Wednesday, August 29, 2012

Re: Bls: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun

 

Intinya semua sih bisa2 aja dilakukan, tapi kembali lagi ke si pemilik. Atau cuman "Karena bisa aja" alasannya pun sih sebenernya udah cukup.

Maaf, mungkin saya juga kurang ngerti gimana peletakan per daun dengan per keongnya, tapi saya juga baru liat2 lagi soal suspensi truck, bahwa per keongnya dibuat diatas pegangan U bolt nya si per daunnya. Jadi kalo urutan dari bawah, gardan, per daun, per keong. Nah, secara teori sih mustinya enak banget, tapi percuman juga kalo bobot nya cuman sekedar Jimny, malahan ke entengan, suspensi nya jadi kekerasan. Jadi secara bobot body kendaraan juga harus di perhitungkan dengan spring rate nya si per keong dan perintilan2 lain yg jadi bagian baru di system suspensi nya. Ribet, kepala saya jadi pusing.

Oiya, salam kenal juga buat rekan2 lainnya. Maap saya sok tau soal suspensi yg pernah ikutan offroad aja belom pernah.

Rezy


From: "jurig_peletok@yahoo.com" <jurig_peletok@yahoo.com>
To: "SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com" <SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, August 30, 2012 10:07 AM
Subject: Re: Bls: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun



Tapi bisa ga sih sebenernya sistem campur per daun sama keong itu?
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

From: rezy arifin <mikjing@yahoo.com>
Sender: SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com
Date: Thu, 30 Aug 2012 08:18:22 +0800 (SGT)
To: SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com<SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com>
ReplyTo: SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com
Subject: Re: Bls: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun

 
Ini Jawaban sederhana saya:

Wah, kalo secara detail aku gak bisa sebutin, soalnya gak ada pengalaman bikin overaxle. Tapi over axle sih step pertama buat yg niat ngebangun mobil buat OFFROAD yg memerlukan ground clearance dan flex yg lebih. Jadi kedepannya lbh gampang kalo mau di bikin lebih tinggi lagi. Secara cost long term nya lebih murah jatohnya. Banyak yg bilang kalo di overaxle, mobilnya gampang tumpah/kebalik. Ya iyalah, kalo bikinnya salah. Karena faktornya banyak: Dimensi panjang/lebar/berat mobil hasil overaxle, jenis suspensi yg dipake, medan, kecepatan, sudut kemiringan mobil, sudut belok, sampe yg nyetir siapa dan cara nyetirnya. 

Ini jawaban di forum jeep: 

SOA: Spring Over Axle
SUA: Spring Under Axle

Kelebihan SOA itu ride nya lebih empuk. Bisa naik 5in (tergantung dari jenis axle). Ban bisa lebih gede hanya dengan pake per biasa.

Kekurangan SOA: MAHAL untuk bikin yg bener dan aman. Harus gardan lebar pastinya. Banyak part2 yg harus diganti pastinya dan di test bener2. Belum ngomongin soal anti-wrap bar buat per belakangnya biar gak "ngelipet" terus matahin driveshaft. Video: http://www.youtube.com/watch?v=Ef6lTenmPUo

Kelebihan SUA:  Lebih gampang buat ninggiin, tinggal beli per, pasang, kelar. Lebih murah dan gampang. Lebih banyak pilihan per.

Kekurangan SUA: Ya gak bisa pake ban gede2. Bantingan lebih keras dan kurang bisa flex, tapi ada beberapa pengecualian kalo pake merk2 per tertentu, tapi ya mahal.

Intinya kegunaannya mau buat apa? Harian-gaya-semi offroad-offroad serius? Mau pake ban brp? Tingkatan modifikasi? Budget? Mau berapa lama ngerjainnya? Dan lain lain...

Mudah2an sedikit membantu...


From: arul_camat <aroel_23@yahoo.com>
To: "SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com" <SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, August 29, 2012 9:30 AM
Subject: Bls: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun



klo kekurangan dan kelebihan over axle apaan om?


Dari: rezy arifin <mikjing@yahoo.com>
Kepada: "SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com" <SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 28 Agustus 2012 18:56
Judul: Re: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun

 
Mau coba bantu jawab ya om,

Om mobilnya udah dipakein keong nya atau belum? Mobilnya tinggi atau nggak? Pake ban/velg brp? 

Kalo udah, mendingan ikutin konstruksi aslinya aja om, punya JA22 contohnya. Dalam arti pegangan/control arm dan multilink dll nya by the book aja, karena kalo terlalu banyak kreasi2 sendiri, pasti ada efek sampingnya. 

Kalo belum, mendingan pake per Jepang (JA11) aja om, empuknya tinggal plug and play, jangan di roll2. Yg ada makin keras. Udah gitu juga per apa dulu yg di roll. Kalo kurang tinggi bisa di over axle aja skalian, dan pastinya lbh stabil. Tapi kembali ke budget dan tujuan.

Saya ngebengkel di MMC Pejaten. Coba2 ngobrol2 aja dulu biar jelas semua plus minus nya. 

Rezy


From: "jurig_peletok@yahoo.com" <jurig_peletok@yahoo.com>
To: "SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com" <SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, August 28, 2012 4:26 PM
Subject: | Jimny Indonesia | Per Keong dan Daun

Om udah ada yang pernah modif pernya pake keong tapi tetep ga lepas per daunnya alias per daun yg paling panjang dijadiin pegangan atau armnya...
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

------------------------------------

Jimny Indonesia, milis khusus penyuka suzuki jimny di Indonesia http://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_JimnyYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA-digest@yahoogroups.com
    SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    SUZUKI_JIMNY_4WD_INDONESIA-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/













__._,_.___
Recent Activity:
Jimny Indonesia, milis khusus penyuka suzuki jimny di Indonesia http://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_Jimny
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment